Profil

Akademi Keperawatan gatot soebroto berdiri telah sejak 19 september 1985 dan telah meluluskan 31 angkatan dengan 2815 lulusan
dengan mendidik tenaga keperawatan selama lebih dari 30 tahun, akademi keperawatan gatot soebroto konsen dan konsisten membangun tenaga keperawatan yang memiliki kemampuan khusus kegawat daruratan.


VISI Akper RSPAD Gatot Subroto
 
Pada Tahun 2030 menjadi institusi pendidikan keperawatan yang berkualitas dalam menyiapkan perawat yang kompeten dengan memiliki kemampuan khusus kegawatdaruratan serta mampu bersaing di era globalisasi


MISI Akper RSPAD Gatot Subroto
  • Menyelenggarakan proses pendidikan Diploma III Keperawatan dalam menghasilkan perawat kompeten yang menguasai keperawatan gawat darurat.
  • Mengembangkan keilmuan tentang keperawatan gawat darurat lapangan secara berkesinambungan.
  • Melaksanakan penelitian keperawatan dalam pengembangan ilmu keperawatan berbasis teknologi.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatikan status kesehatan masyarakat dengan menerapkan teknologi keperawatan.
  • Menyelenggarakan kerjasama baik di dalam maupun luar negeri dalam upaya menyiapkan lulusan yang mampu bersaing secara global.

VISI Program Studi:

Menjadi Program Studi Diploma III Keperawatan yang berkualitas dan terdepan di Indonesia tahun 2030 dalam menyiapkan perawat yang kompeten dalam kesehatan matra darat dan Keperawatan kegawatdaruratan.

 

MISI Program Studi:

  • Menggunakan sarana prasarana yang memadai dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran dengan mengintegrasikan kemampuan berfikir kritis untuk meningktkan dan mengembangkan ketersediaan SDM yang berkualitas.
  • Melaksanakan Kegiatan pembelajaran kesehatan matra darat dan mengembangkan keilmuan keperawatan gawat darurat lapangan secara berkesinambungan,
  • Melaksanakan peneliatan dan menerapkan hasil penelitian keperawatan dalam rangka pengembangan ilmu keperawatan.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan khusunya keperawatan dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyrakat yang optimal.
  • Mengembangkan kerja sama dengan institusi/lembaga dalm dan luar negeri dalam meningkatkan kapasitas daa saing institusi.


Sejarah Singkat Institusi

Akademi Keperawatan "RSPAD Gatot Soebroto" disingkat Akper berdiri pada tanggal 19 September 1985, dengan dasar pemikiran bahwa "RSPAD Gatot Soebroto" merupakan Rumah Sakit Pusat rujukan Tentara Nasional Indonesia disingkat TNI. Untuk menunjang terlaksananya peningkatan pelayanan kesehatan khususnya keperawatan perlu peningkatan sumber daya tenaga perawat yang saat itu sebagian besar berkualifikasi lulusan Sekolah Perawat dan Sekolah Penunjang Kesehatan. Sebagai institusi pemerintah, TNI ikut mengambil bagian menyediakan tenaga Keperawatan yang berjenjang D.III Keperawatan untuk mengisi tenaga Keperawatan di Indonesia, baik di lingkungan TNI, Pemerintah dan Swasta. Dengan surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 1637/Kep/Diknakes/VII/1985 tanggal 31 Juli 1985. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut diatas maka pada tanggal 19 September 1985 Akper "RSPAD Gatot Soebroto" diresmikan oleh Letjen TNI Try Sutrisno yang saat itu menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat. Saat ini dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 237/010/2010 tanggal 23 Desember 2011 Akper RSPAD Gatot Soebroto secara tehnis dibawah Kementrian Pendidikan dan kebudayaan melalui pembinaan Kopertis III wilayah DKI Jakarta.